Rabu, 24 Desember 2008

“AgaR pEmuDa MenCinTai isLam”



Mengarahkan PaRa pemuda agar mereka mencintai islam pada zaman ini memang tidaK muDaH. Arus informasi yang lebih banyak buruknya begitu banyak dan sulit dibendung. Nilai” moral merosot. Begitu banyak tantangan yang harus dilewati untuk menjadikan mereka Islam. Tantangan” tersebut antara lain :
Kuranganya Pemahaman Islam
Tidak memliki Orientasi Hidup
Gejolak S******
Budaya Hura”
Lingkungan yang Kurang Indusif

langkah nyata

agar putra-putri kaum muslimin dapat menjadi orang-orang yang mencintai islam, mengamalkan, serta menegakkannya, berikut ini ada beberapa tips yang dapat kita lakukan.

Ajarkan iLmu Tentang Islam
setidaknya para ortu” tidak membiarkan para generasi muda buta terhadap agamanya. Ortu wajib mengantarkan mereka memahami prinsip” Islam secra benar, utuh dan menyeluruh. Adapun pengetahuan islam yang pertama-tama yang harus diketahui adalah ilmu aqidah, ibadah dan akhlak. Tanpa pemahaman yang benar tentang ilmu” tersebut, tidak mungkin seorang pemuda mencintai Allah SWT, islam dan mengamalkannya secara baik dan benar.

Kisahkan sejarah para Nabi, sahabat, dan orang” shaleh
sering” menceritakan perjuangan dan perilaku para Nabi-Nabi Allah SWT, terutama Nabi Muhammad SAW. Selain itu, sikap dan perilaku para sahabat Rosulullah SAW sangat baik untuk dijadikan teladan. Karena mereka adalah manusia” yang terpilih oleh Allah SWT untuk menjadi pengikut Rosulullah. Demikian para ulama , mujahid islam yang telah menghiasi lembaran” sejarah perjuangan kaum muslimin di berbagai tempat dan waktu.

Buatlah mereka mencintai masjid
eits,, bukan berarti mereka hrus terus menerus menghuni masjid lho! Tetapi bagaimana menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan pemuda. Disinilah mereka shalat berjamaah, mendengarkan taklim, bermusyawarh , bersilaturrahim dan sebagainya. Dengan begitu, insyaallah kita dapat membuat para pemuda lebih mencintai dan menghargai masjid daripada tempat hiburan, mall dan tempat” lain.


Wadahi dalam organisasi kepemudaan
para generasi muda sangat menyukai aktivitas bersama dan berkelompok dengan teman” sebayanya. Keinginan tersebut lebih baik jika disalurkan dalam organisasi kepemudaan. Hal ini akan menghindarkan mereka dari menyalurkan aspirasinya ke dalam kelompok yang justru akan menjauhkan mereka dari islam.

1 komentar:

Pena Ananda Club mengatakan...

Salam..... Mau ikutan di Antologi penulisan karya remaja? Liat pengumumannya di blog kita ya: penaanandaclub.wordpress.com. Salam sukses.....:thumbsup


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger